Welcome to Blog Zahra's, I hope you enjoy with the article in this blog. Please Leave your comment after you read some article in here.
Don't be a silent reader Gals, Nice Day to u..^^

Note :

"New Visitor baca daftar Link dulu ya.. Yang belum tau cara download baca link Cara Download. Dan yang mau update lebih cepat dari fb (Bukan spam) silahkan like Pages Blog Zahra"

Dan lagi, lagi, diingetin, please cantumin link sumber bagi yang copas. Mari saling menghargai kerja keras sesama blogger. Gumawo :)

♥ Zahra Elmalik ♥


Senin, 06 Juni 2011

[Preview] IP Man


Nah zahra kemaren habis nonton film ini, telat sih.. IP man udah nyampe seri 3 zahra baru nonton yang ke 1. hahaa. Karena film ini bagus, walaupun bukan korea, tapi tetep pengen ngeshare. Dan kebetulan ada yang penasaran ya sudahlah, akhirnya zahra tunda makan malam demi postingan ini. Hehehe

Title : Ip Man
Genre : action/drama/biopic
My Rating : 2.5 out of 5
Durasi : 108 menit
Negara : Hong Kong
Bahasa : Kanton, Jepang, Mandarin
Realese : Republik Rakyat China - 12 Desember 2008, Singapura, Malaysia, Selandia Baru - 18 Desember 2008, Hong Kong - 19 Desember 2008, Republik Cina - 27 Februari 2009, Britania Raya - 2 Oktober 2009

Director : Wilson Yip
Sutradara : Wilson Yip
Penulis : Edmond Wong
Produser : Raymond Wong
Produksi : Mandarin Films Distribution
Homepage : www.ipman-movie.com

Cast
Donnie Yen as Ip Man
Simon Yam as Zhou Qingquan
Fan Siu-Wong as Jin Shanzhao
Lynn Hung as Wing Cheng
Lam Ka-Tung as Li Zhao
Hiroyuki Ikeuchi as Jenderal Miura
Shibuya Tenma as Sato
Chen Zhihui as Master Liao
Li Ze as Ip Chun (anaknya ip man)
Xing Yu as "Wu Chi" Lin
Wong You-Nam as Sha Danyuan


REWARD
Best Action Choreography- Sammo Hung Kam-Bo
28th HKFA Nominations
BEST MOVIE - Ip Man
BEST DIRECTOR- Wilson Yip
BEST ACTOR - Donnie Yen
BEST SUPPORTING ACTOR - Gordon Lam- Fan Siu Wong
BEST EDITING - Cheung Ka Fai
BEST ART DIRECTION - Jeff Mak
BEST ACTION DESIGN - Sammo Hung, Leung Siu Hung
BEST SOUND EFFECTS - Kinson Tsang
BEST VISUAL EFFECT - Henri Wong
BEST ORIGINAL SCORE - Kenji Kawai
Fantasia Audience Award Winners Announced : Best Asian Film
Silver: IP MAN (Hong Kong) – Wilson Yip
Fantasia Audience Award Winners Announced : Guru Prize for Most Energetic Film of the Festival
Silver: IP MAN (HK) – Wilson Yip


Sinopsis
Dalam dunia martial art (seni bela diri) nama IP Man sudah tidak asing lagi. Guru bela diri dari aktor laga kawakan Brucee Lee ini memang seorang yang fenomenal di negeri tirai bambu. IP Man adalah seorang master seni bela diri Wing Chun yang khas dengan mengandalkan bela diri jarak dekat dan kecepatan tangan.

Film IP Man mengisahkan perjalanan hidup sang master. Cerita film diadaptasi dari kisah nyata IP Man saat masa penjajahan Jepang di China sekitar tahun 30-an. Kisah dimulai dengan penggambaran bagaimana saat itu banyak orang mendirikan perguruan silat sebagai salah satu bentuk usaha. Namun IP Man mempunyai sikap berbeda dengan kebanyakan orang. Meskipun terkenal dan dihormati banyak orang, IP Man tidak begitu ngotot dan menonjolkan perguruan dan kemampuan bela dirinya.

Masa penjajahan mengharuskan IP Man bersinggungan dengan orang Jepang. Hal ini dikarenakan kesewenang-wenangan Jepang sehingga membuat IP Man tidak bisa tinggal diam. Perjuangan dan pergolakan IP Man dalam menghadapi semua itu menjadi garis besar cerita film.

Perpaduan aksi aktor laga Donie Yen selaku IP Man dan Sammo Hung selaku penata laga menghasilkan sebuah tontonan laga yang apik. Tontonan laga yang bisa dibilang tidak biasa ditampilkan dari film aksi laga China lainnya. Hal ini lantaran berani menyajikan pertarungan jarak dekat yang biasanya dihindari film silat China karena dianggap kurang menarik ditampilkan pada layar lebar. Namun hal tersebut justru dibantahkan dengan sendirinya karena sajian indah seni bela diri Wing Chun digambarkan begitu realistis dan natural. Pukulan dan tendangan begitu nyata dan tidak dibuat-buat. Bahkan adegan kaki, tangan, dan hidung patah ditampilkan begitu mirip dengan aslinya.

Selain itu, dipilihnya Donie Yen menjadi IP Man menjadi unsur yang menarik dari film ini. Sosok Donie Yen yang kalem dan menawan bisa mempresentasikan sosok IP Man dengan sempurna. Mungkin hasilnya akan berbeda misalkan dilakoni oleh aktor laga lainnya semisal Cho Yun Fat.

Hal yang selalu bisa terlihat dari setiap film berlatar jaman dulu adalah bagaimana latar tempat, pakaian, dan budaya ketika itu dibuat semirip jaman tersebut. Semua itu pun tersaji dengan apik d film IP Man. Unsur sinematografis dan properti film ini seakan membawa penonoton kembali ke masa China tahun 30-an.
Wing Chun sebagai salah satu bela diri asal China yang mentitikberatkan pada keahlian kecepatan tangan memang kalah pamor dari seni bela diri lain semisal kungfu, judo, atau taekwondo di kancah internasional. Tidak banyak yang tahu akan adanya seni bela diri tersebut. Sayangnya film ini tidak begitu eksplisit mendeskripsikan atau “mempresentasikan” seni bela diri yang dipopulerkan oleh IP Man ini.

Kekurangan lain film ini adalah tidak begitu mendalam sisi lain dari seorang IP Man selaku suami dan ayah. Meskipun ada beberapa adegan yang menggambarkan kebersamaan IP Man dengan istri dan anaknya, tetapi kurang cukup untuk melihat sisi humanistik sang master. Peran istri IP Man pun seakan tidak memberikan andil yang besar terhadap sikap dan pribadi sang suami. Sehingga sosok istri IP Man di dalam film terkesan sebagai pelengkap saja.

Terlepas dari kekurangan yang ada, film ini berani mendobrak pakem tentang film aksi. Sajian tidak monoton, baru, aksi, dan akting menawan Donie Yen adalah kombinasi yang digarap secara matang. Menjadi alternatif tontonan bagi pecinta film laga sebagai hiburan yang layak ditonton.


Credit :
gie-insanmuttaqin.blogspot.com (sinopsis)
twitchfilm.com
id.wikipedia.org
www.lovehkfilm.com
www.donnieyen.us
sigitsusinggih.net (gambar)


"Sekedar Info"

Ip Man (Yip Man) adalah seorang legendaries kungfu yang beraliran Wing Chun. Dia telah mempelajari Wing Chun sejak umur 13 tahun. Menurut Wikipedia, Yip Man adalah Master Kungfu (Sifu) pertama yang mengajari Wing Chun secara terbuka untuk umum. Yip Man lahir di Foshan tahun 1893 dari keluarga pedagang yang kaya, di umurnya yang ke-13 Yip belajar Wing Chun dari Chan Wah-Shun dan di teruskan oleh Ng Chung-sok sesuai pesan Chan sebelum meninggal. Umur 16, Yip meneruskan studinya di St. Stephen’s College, Hongkong, dimana sekolah tersebut diperuntukan orang-orang kaya dan orang asing di Hongkong.
Di sekolah ini Yip mulai dikenal sejak mengalahkan murip senior dengan beberapa gerakan kecil saja. Di umurnya ke-24 Yip kembali ke Foshan, dengan ilmu Wing Chunnya yang maju pesat, Yip tidak mendirikan sekolah ataupun perguruan disana, hanya mengajarkan kepada beberapa murid dan relasinya saja. Di masa kependudukan Jepang di China, Yip selalu menolak semua ajakan pemerintah Jepang agar Yip mau mengajari pasukan jepang bela diri.

Yip lalu kembali ke Hongkong dan mendirikan sebuah perguruan bela diri, Hampir semua bekas murid Yip menjadi orang terkenal, berhasil mendirikan perguruannya sendiri, menjadi pengatur bela diri dalam sebuah film atau bahkan bintang laganya sendiri, dan yang paling terkenal dari murid-murid Yip adalah Lee Xiao Long atau Bruce Lee.
yip man & bruce lee
Pada 2 Desember 1972, Yip meninggal di karenakan kanker, tetapi hasil ilmu bela diri yang di ajarkannya, Wing Chung telah menyebar ke segala penjuru dunia.


Rewrite & Editor by: ZahRaa 

1 komentar:

Bonit Notz mengatakan...

ckckckckkkkk... takjubbbb....
thx zahra info'a... jadi pengen nonton euy... ^^

afwan baru comment jujur kelupaan, heheuu...
nice dear.. ^_*

Poskan Komentar

Yang berkunjung ayo tinggalkan jejak kalian dengan komentar, Tapi usahakan jangan anonim yah. Tulis aja nama kamu di akhir komentar. Thank u..^^
Untuk Request, supaya mudah kebaca juga teratur silahkan masuk ke kolom request yang ada di daftar link, kolom sebelah kiri atas. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...